Minimnya Regenerasi Tenaga Cybersecurity Jadi Tantangan Bagi Perusahaan IT

Medan, 30 September 2024 – Program Studi Magister Teknik Informatika, Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi, Universitas Sumatera Utara (USU), menyelenggarakan acara tahunan MTI Day 2024. Acara ini bertujuan memperkenalkan implementasi ilmu yang dipelajari mahasiswa selama perkuliahan, serta membuka wawasan tentang peluang industri terkini.

Selain pemaparan dari pelaku industri, acara ini dimeriahkan oleh berbagai kegiatan, seperti Poster Exhibition, e-Sport, dan Hacking Competition.

Sesi pertama dalam diskusi ini disampaikan oleh Devi Hawana Lubis, sebagai Co-Founder Xtend Indonesia yang membahas tentang peluang dan implementasi IT security system diindustri. Salah satu hal yang ditekankan dalam kesempatan tersebut adalah minimnya regenerasi tenaga ahli di bidang cybersecurity kini menjadi tantangan besar bagi perusahaan-perusahaan IT di Indonesia, terutama bagi perusahaan yang berada di luar Pulau Jawa.

Lebih lanjut, dalam pemaparan disebutkan bahwa peluang di bidang cybersecurity sangat terbuka. Perusahaan dari berbagai sektor semakin membutuhkan tenaga ahli yang andal untuk melindungi data dan infrastruktur digital dari ancaman siber yang berkembang. Hal ini memberikan peluang besar bagi lulusan baru, terutama dari universitas seperti USU, untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Tak hanya itu, industri cybersecurity di Indonesia masih sangat terbuka dan siap menyerap tenaga ahli dengan keterampilan khusus. Ajakan ini diharapkan dapat mendorong mahasiswa untuk mempersiapkan diri dan membangun kompetensi yang semakin krusial di era digital, khususnya dengan meningkatnya ancaman siber.

Melalui MTI Day 2024, mahasiswa diharapkan memperoleh wawasan dan motivasi baru terkait dunia kerja, khususnya di bidang IT dan IoT. Selain itu, mereka juga diharapkan mampu mengimplementasikan pengetahuan dan keterampilan tersebut dalam industri, yang merupakan pilar penting bagi keberlanjutan transformasi digital di berbagai sektor bisnis, baik nasional maupun internasional.